Amankan Akun Google Dengan Cara Cek Aplikasi Yang Terhubung Ke Akun Google


Kebocoran data pribadi melalui akun google bisa saja terjadi apabila anda tidak memperhatikan keamanan dari akun google anda, ada banyak fitur dari google yang bisa anda gunakan untuk mengamankan akun google anda dari akses yang sembarangan. Salah satunya adalah fitur keamanan dari aplikasi atau layanan pihak ketiga yang terhubung dengan akun google anda.

Difitur keamanan aplikasi atau layanan pihak ketiga ini anda bisa mengontrol aplikasi apa saja yang terhubung dan bisa mendapatkan informasi akun google anda, hal ini perlu anda perhatikan untuk memastikan bahwa tidak ada akun google pribadi yang masuk kedalam aplikasi sembarangan.

Selain itu untuk beberapa keperluan, pengguna biasanya mengelola izin akun google ke beberapa aplikasi tertentu. Hal ini biasanya dilakukan pada akun pengguna yang bersifat memiliki data sensitif.

Nah kali ini saya akan berbagi kepada anda yang ingin memastikan, mengecek, dan menghapus aplikasi aplikasi yang terhubung atau login ke akun google pribadi anda, berikut saya merangkum tutorialnya dibawah ini.

Ada banyak cara untuk mengecek aplikasi yang login di akun google anda, bisa melalui perangkat PC, kemudian hp android dan hp iphone, tapi tentu caranya memiliki kemiripan yang sama, disini saya coba untuk menjelaskan mengecek aplikasi apa saja yang login di akun google anda lewat PC.

  • Masuk ke halaman https://www.google.com/account/about/
  • Klik "Buka Akun Google"
  • Nantinya akan otomatis terhubung ke akun google
  • Pilih "Security" (Keamanan)
  • Gulir ke bawah dan pilih "Third-party apps & services" (Aplikasi dan Layanan Pihak Ketiga)
  • Nantinya Anda akan melihat beberapa aplikasi apa saja yang login menggunakan akun google anda
  • Klik salah satu aplikasi dan pilih "See details" untuk melihat detail koneksi aplikasi, seperti tanggal akses pertama kalinya.
  • Untuk menghapus akun google anda dari aplikasi anda bisa pilih "Stop using in with Google"
  • Nantinya akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi memutuskan akun google anda. Kemudian klik "Confirm"
Semoga dengan melakukan tutorial ini akun google anda bisa menjadi lebih aman dari penyalahgunaan informasi akun google pribadi anda. 

No comments

Powered by Blogger.