Mengenali Jenis Jenis Serangan Cyber


Disini saya mau sedikit membahas mengenai jenis - jenis dari serangan cyber agar anda tahu bagaimana serangan cyber ini dapat menyerang anda dengan mengenali jenis - jenisnya tentu anda akan bisa mengenalinya dari awal dan menghindari hal - hal yang tidak di inginkan, berikut adalah jenis - jenis dari serangan cyber :

1. Phising

Phising adalah metode penipuan dimana pelaku mengirim email atau pesan palsu yang tampak seolah - olah berasal dari sumber yang terpercaya. Tujuanya adalah untuk mencuri informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau data pribadi lainya. Phising bisa dikenali dengan cara melihat link yangdi cantumkan didalam email atau pesan apabila link tersebut mencurigakan sudah pasti itu adalah phising.

2. Malware

Malware (malicious software) adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak, mencuri, atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan pada sistem komputer. Jenis - jenis malware termasuk virus, worm, trojan, ransomware, dan spyware. Malware bisa anda hindari dengan cara tidak menginstall aplikasi sembarangan yang tidak jelas dari mana sumbernya atau menggunakan aplikasi bajakan.

3. Denial of Service (DoS) dan Distributed Denial of Service (DDoS)

Serangan DoS dan DDoS bertujuan untuk membuat layanan atau jaringan tidak tersedia bagi pengguna yang sah dengan membanjiri sistem dengan lalu lintas yang berlebihan, biasanya menyerang individu yang memiliki situs di jaringan internet. Pencegahanya anda bisa menggunakan keamanan firewall dan memblock IP yang terindikasi mencurigakan.

4. Man-in-the-Middle (MitM)

Dalam serangan MitM, pelaku menyusup kedalam komunikasi antara dua pihak untuk mencuri atau memanipulasi informasi yang dikirimkan. Contohnya seperti penyadap aktif dengan cara pelaku menyediakan jalur komunikasi diantara korbanya. Pencegahanya adalah dengan menghindari koneksi jaringan publik yang tidak dilindungi dengan kata sandi.

5. SQL Injection

SQL Injection adalah serangan dimana pelaku menyisipkan kode SQL berbahaya ke dalam formulir input aplikasi web untuk mengakses atau merusak basis data yang mendasarinya. SQL Injection bisa anda hindari dengan memperkuat keamanan form inputan seperti mengatur input validation, menggunakan parameterized queries, memasang filter untuk input metakarakter, dll

Dengan memahami jenis - jenis serangan dan pencegahan yang dapat diambil, individu dan organisasi dapat lebih siap dalam menghadapi ancaman serangan cyber.


No comments

Powered by Blogger.